Blog rejekingalir.com
Blog rejekingalir.com mengulas tentang sastra, game, dan gaya hidup dengan sudut pandang yang lebih luas

Love for Palestine: Gebrakan Semangat Jelang HUT RI ke- 79

Gebrakan Semangat Jelang HUT RI ke- 79 dengan gerakan dukungan LoveforPalestine bersama Rumah Zakat

Tak lama lagi, Indonesia akan memasuki milad ke 79 tahun. Alhamdulillah, semenjak diproklamirkannya kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, kita merasakan banyak anugerah dan keberkahan, yaitu menjadi negara yang berdaulat dan bebas dari segala bentuk penjajahan dari negara manapun. 

Proklamasi kemerdekaan yang dibacakan oleh tokoh proklamator bangsa, Bapak Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta Pusat, membuka langkah baru Indonesia membentuk struktur dan identitas negara yang baru dan merdeka.

Apa saja bentuk dukungan Indonesia kepada Palestina

Mengapa Kemerdekaan Penting untuk Sebuah Negara?

Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 pada alinea ketiga tercantum:

“Atas berkat rahmat  Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.”

Kalau pembaca blog rejekingalir.com ingat atau membaca sejarah perjuangan bangsa kita, tentunya rasa pilu akan terasa, di mana pada masa penjajahan, banyak rakyat Indonesia yang tertindas dan berguguran. Pada momen inilah, persatuan yang kokoh dengan bahu membahu antara rakyat dan semangat para pahlawan demi menggapai kemerdekaan, serta yang utama keyakinan kepada  kita bisa merdeka, menjadi kuncinya. 

Ya, kemerdekaan yang telah kita raih, menjadi tonggak sejarah dalam kehidupan dan berkembangnya sebuah negara. Kemerdekaan adalah hal penting bagi suatu negara yang dapat mempengaruhi semua aspek hidup rakyatnya untuk berkembang, sejahtera, dan bahagia.

Apa Saja Bentuk Kemerdekaan pada Sebuah Negara?

Bentuk kemerdekaan suatu negara, tercermin ketika ia bisa menentukan arah dan masa depan bangsanya secara mandiri, untuk:

1. Berdaulat dan Mampu Membangun Pemerintahan

Negara yang merdeka, berarti ia berdaulat dalam mengambil keputusan. Tidak ada ikut campur maupun kekuatan dari negara luar, karena negara yang merdeka bisa membangun pemerintahan negaranya sendiri yang sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan rakyatnya. 

Palestina negara pertama mengakui kemerdekaan Indonesia

2. Mengembangkan Identitas dan Budaya

Sebuah negara pasti memiliki identitas dan ciri khas budaya. Dengan merdeka, bangsa tersebut bisa mengembangkan dan melestarikan kebudayaan lokalnya yang akan menjadi bagian dari sejarah untuk dilestarikan dari generasi ke generasi.

3. Membangun dan Memajukan Perekenomian Bangsanya

Negara yang merdeka memiliki kesempatan dan kemampuan untuk membangun dan memajukan perekonomian bangsanya. Ia dapat merancang berbagai kebijakan ekonomi, memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang tersedia dengan menciptakan lapangan kerja, serta meningkatkan kesejahteraan rakyatnya.  

4. Mengamankan dan Mempertahankan Negerinya

Dengan kemerdekaan, suatu bangsa bisa memiliki kewenangan untuk membentuk strategi pertahanan, mengelola kemiliteran (angkatan bersenjata), dan merancang sistem keamanan nasional guna melindungi kedaulatan negara dari bahaya dan ancaman eksternal maupun internal. 

5. Menjalin Diplomasi dan Hubungan Internasional

Dengan kemerdekaan menjadi langkah untuk bangsa tersebut menjalin diplomatik dan hubungan internasional. Manfaatnya dapat dirasakan untuk para pihak tersebut, seperti: menjaga perdamaian dunia, meningkatkan pertumbuhan dan pembangun di berbagai bidang, saling bekerjasama untuk menyelesaikan permasalahan global, dan memberikan jaminan keberadaan suatu bangsa di hadapan negara lain.

Pada poin kelima di atas, amat berarti untuk negara yang baru saja menyatakan kemerdekaannya. Hal ini kita rasakan tatkala menjalin hubungan diplomatik dengan berbagai negara, salah satunya adalah Palestina.

Palestina negara pertama mengakui kemerdekaan Indonesia

Hubungan Indah Indonesia dengan Palestina

Palestina menjadi negara pertama yang mengakui kemerdekaan negara kita. Bahkan dari sebelum tahun 1945 atau tepatnya pada tahun 1944, Palestina mendukung Indonesia secara de facto atas kemerdekaan kita. Berita pun disebarkan oleh Syekh Muhammad Amin Al-Husaini, mufti besar Palestina, dan saudagar kaya di Palestina, Muhammad Ali Taher, bahwa pemerintah dan rakyat Palestina mengakui kedaulatan Indonesia. 

Dari dukungan negara yang beribukota Yerusalem ini, menjadikan koneksi yang demikian dekat. Hubungan diplomatik pun terselenggara antara Indonesia – Palestina hingga saat ini. Tentunya hubungan indah ini harus terus terjalin tanpa batasan apapun.

Palestina negara pertama mengakui kemerdekaan Indonesia

Dukungan Indonesia untuk Palestina Merdeka

Bangsa besar yang tercatat dalam sejarah dunia, pastinya tidak akan melupakan jejak kehidupan. Tidak bisa kita seperti kacang lupa kulitnya, berdiam diri melihat saudara (Palestina) yang selalu mendukung, mengalami kondisi yang tidak baik. Terlebih di masa kini, di mana genosida masih berlangsung di negara yang berada di antara Laut Tengah dan Sungai Yordania itu, semenjak serangan Israel pada 7 Oktober 2023 lalu.

Palestina negara pertama mengakui kemerdekaan Indonesia

Gebrakan dan dukungan harus diberikan kepada Palestina. Hal ini sesuai dengan semangat yang dikobarkan oleh Presiden RI pertama kita, 

“Selama Palestina belum Merdeka, maka salah satu tujuan bangsa Indonesia tidak akan pernah tercapai.”

Tujuan bangsa Indonesia yang dimaksud di atas, tercantum dengan jelas dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, yaitu:

“Bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.”

Palestina negara pertama mengakui kemerdekaan Indonesia

Palestina berhak MERDEKA, sebagaimana tatkala kita dan negara lainnya pun juga berhak untuk merdeka dan menjadi negara yang berdaulat. Dukungan apapun bisa kita berikan untuk saudara kita di Palestina, salah satunya melalui gerakan #LoveforPalestine yang diusung oleh Rumah Zakat.

Love for Palestine bersama Rumah Zakat

Rumah Zakat sebagai lembaga amil zakat nasional yang berkedudukan di Indonesia mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana kemanusiaan yang terpercaya. 

Apa bentuk dukungan Palestina terhadap kedaulatan Indonesia

Lembaga yang mendapat Penghargaan Indonesia Original Brand 2023 versi Majalah SWA Kategori ZIS dari Majalah SWA ini, menggandeng kita dan berbagai pihak untuk turut berkontribusi menyuarakan kemerdekaan Palestina dan memberikan beragam dukungan. 

Apa bentuk dukungan Palestina terhadap kedaulatan Indonesia

Setidaknya, 30Milyar lebih Rumah Zakat menyalurkan bantuan kepada penerima manfaat di Palestina. Lalu rencana untuk bulan November 2024 ini, hendak memberikan dukungan kepada Palestina untuk 16 titik, berupa 72.000 paket makanan siap saji, 600 pakaian dan selimut, 2000 truk tangki air bersih, dan 1000 paket food basket. InshaAllah bisa tercapai. 

Apa bentuk dukungan Palestina terhadap kedaulatan Indonesia

#LoveforPalestine: Bentuk Kepedulian Kita untuk Palestina

Kepedulian Palestina di masa transisi Indonesia menuju kemerdekaan kala itu, menjadi penawar dan pelecut yang amat berarti, karena kita bisa menjadi negara yang berdaulat dan merdeka. Pasalnya dukungan seperti ini sekaligus menciptakan hubungan persaudaraan yang selaras dengan firman ﷲ dalam surat Al-Hujurat ayat 13:


يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقۡنَٰكُم مِّن ذَكَرٖ وَأُنثَىٰ وَجَعَلۡنَٰكُمۡ شُعُوبٗا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓاْۚ إِنَّ أَكۡرَمَكُمۡ عِندَ ٱللَّهِ أَتۡقَىٰكُمۡۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٞ 

Terjemahan: "Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti."

Apa dukungan Indonesia kepada Palestina

Rasa peduli kita kepada Palestina, tidak hanya menjadi salah satu cara dalam meningkatkan ketakwaan kita kepada Maha Pencipta dan menjaga hubungan diplomatik antar dua negara semata, tetapi juga dari sisi kemanusiaan yaitu menghidupkan hati untuk saling berbagi. Yuk, kita saling membantu dan mendukung gerakan Love for Palestine

Apa dukungan Indonesia kepada Palestina

Ciptakan sejarah kehidupan yang berarti dengan cahaya kasih sayang untuk sesama manusia, maka kehidupan kita akan disinari dengan cahaya tersebut dan menuai balasannya. ~ rejekingalir.com


Sumber materi:

  • https://www.dpr.go.id/berita/
  • https://news.detik.com/
  • https://www.kompas.com/global/
  • Akun Instragram Rumah Zakat https://www.instagram.com/p/C9tWuqivuFB/

21 komentar

Komen Blog rejekingalir.com
Suci mengatakan…
Gemes ya kak liat Israhell, apa ngga paham mereka konsep tabur tuai.
Ga ada gitu rasa iba liat anak-anak berdarah, ibu-ibu dan orang tua yang ngga berdaya.
Gitu masih ada yang ngebelain.
Salah satu temen medsosku posting sprei motif bendera zionist, langsung tak unfrend.
Komen Blog rejekingalir.com
Haryadi Yansyah mengatakan…
Agak malu juga aku komen ini, sebab baru tahu kalau Palestina bahkan sudah menganggap Indonesia merdeka jauh sebelum kemerdekaan Indonesia diproklamasikan setahun kemudian.

Aku sebisa mungkin untuk bantu palestina di aspek-aspek yang aku mampu. Seperti nggak beli produk2 yang banyak menyumbang uang ke Isrewel. Gak 100% bisa tapi paling gak, udah menjauhi sebagian besar produk2 itu.
Komen Blog rejekingalir.com
Okti Li mengatakan…
Saya salah satu yg ikut mendukung kemerdekaan Palestina. Secara memang sejak kecil udah ditanamkan melalui UUD 45 kalau kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa. Oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan. Makanya saya heran sama Amerika dan negara yg katanya berkuasa lainnya kok Yo malah dukung penjajah...
Komen Blog rejekingalir.com
Emma Malika mengatakan…
Seneng deh dengan Rumah Zakat, yang selalu concern dengan aksi kemanusiaan pada warga Palestina yang sangat membutuhkan bantuan.

Semoga ada jalan keluar yang baik untuk menyelesaikan konflik di negara tersebut.
Komen Blog rejekingalir.com
Jalan-Jalan KeNai mengatakan…
Gak pernah berhenti menangis kalau lihat berita tentang Palestine. Semoga Palestine segera merdeka. Aamiin Allahumma aamiin.
Komen Blog rejekingalir.com
Dian Restu Agustina mengatakan…
Salut untuk Rumah Zakat dengan gerakan Love for Palestine sebagai bentuk kepedulian pada saudara-saudara kita yang sedang berjuang menjadi negara merdeka dan berdaulat
Komen Blog rejekingalir.com
Diah Woro Susanti mengatakan…
Memang berat banget jalan Palestine untuk bisa lepas dari kekejaman perang. Meskipun sulit tapi Indonesia selalu berdiri tegak untuk memberi dukungan bagi Palestine.
Komen Blog rejekingalir.com
YSalma mengatakan…
Artikel yang harus dibaca oleh anak-anak muda zaman now yang masih denial bahwa Palestine harus disupport agar merdeka, negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia dan sesuai UUD bahwa penjajahan harus dihapuskan, yang memiliki hati nurani pasti sepkat Palestine harus merdeka.
Banyak cara untuk memberikan support dan sesuai kemampuan melalui lembaga yang ada dan terpercaya.
Komen Blog rejekingalir.com
Annie Nugraha mengatakan…
FREE PALESTINE. Gak habis rasanya doa dipanjatkan untuk saudara-saudara kita di Palestina. Puluhan tahun diduduki, diinvasi, dikuasai, seolah-olah tanah yang sekarang bukanlah milik mereka.

Saya pernah lihat beberapa foto saat Palestina masih hijau dengan kota2 yang cantik, penduduk yang berbahagia, serta roda kehidupan yang tampak damai. Kemudian semua tercerai-berai karena ulah Israhell yang tak berperikemanusiaan. Dari tanah secuil hingga merambat menjadi besar dan luas. Astaghfirullah.

Sejarah memang membuktikan bahwa Palestina dan Mesir adalah dua negara yang sangat mendukung kemerdekaan Indonesia di kancah dunia internasional. Bahkan JAUH sebelum Indonesia bergabung dengan PBB. Jadi wajar jika hal tersebut kita balas dengan perlakuan yang sama. STOP KERJASAMA dengan Israhell. BOIKOT semua produk dan tempat2 yang berafiliasi dengan mereka.
Komen Blog rejekingalir.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Kaitannya Indonesia merdeka ini sangat erat hubungannya dengan Palestina. Saya pun baru tahu, saat mendengar khotbah jumat. Jadi Palestina negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Kemudian atas bantuan Palestina, berita kemerdekaan Indoensia tersiar ke berbagai negara. Jadi wajiblah kita mendukung kemerdekaan Palestina juga.
Komen Blog rejekingalir.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Dan itu mutlak. Semoga Palestina segera mendapat kebebasannya. #LoveForPalestine
Komen Blog rejekingalir.com
Nia K. Haryanto mengatakan…
Ngomongin Palestina rasanya tak pernah ada habisnya. Tentu saja karena mereka masih saja belom bisa hidup tenang. Penjajahnya semakin kurang ajar dan sadis. Itu sebabnya kita harus terus bicara, bersuara, dan mendukungnya. Semoga banyak ya donatur yang ikut serta di program #LoveForPalestina ini. Supaya saudara-saudara kita di sana bisa sedikit terbantu.
Komen Blog rejekingalir.com
Maria G Soemitro mengatakan…
Sedih banget setiap baca tentang Palestine

Kebayang kalo jadi warga Palestine yang diperlakukan tidak adil oleh negara-negara adi kuasa, bahkan lembaga internasional gak berkutik

yang bisa kita lakukan hanya melakukan aksi donasi bersama Rumah Zakat, aksi maksimal yang bisa kita lakukan
Komen Blog rejekingalir.com
Nanik nara mengatakan…
Sedih ya kalau membaca/melihat berita tentang pendudukan/penjajahan di Palestina ini. Semoga saja mata dunia makin terbuka, makin banyak dukungan pula bagi Palestina untuk bisa meraih kemerdekaan
Komen Blog rejekingalir.com
Astagaaaa, bisa-bisanya saya bacanya Pizza HUT love Palestina :D
Sampai mikir, apa mereka udah tobat? hehehe.
Btw senang deh dengan aksi Rumah Zakat memberikan bantuan dari Indonesia kepada Palestina.
Semoga Allah segera memberikan kemerdekaan buat rakyat di Palestina, aamiin
Komen Blog rejekingalir.com
lendyagasshi mengatakan…
Bersama Rumah Zakat, kita semua bisa turut mendukung aksi membela Palestina untuk bisa merdeka. Minimal kita bisa meringankan setitik beban mereka. Semoga Allah mudahkan saudara-saudari kita di Palestina untuk tetap kuat bertahan di atas agama Allah.
Komen Blog rejekingalir.com
Dyah Ummu AuRa mengatakan…
Rumah Zakat emang keren banget bergerak untuk Palestine sejak dulu. Kami beberapa kali menyalurkan sedikit harta kami melalui Rumah Zakat karena emang amanah dan programnya bagus.
Komen Blog rejekingalir.com
Ninin mengatakan…
Kalau ngomongin Palestina aku tuh malu sendiri karena belum melakukan hal besar yang dapat menolong mereka. Seneng deh liah Rumah Zakat yang peduli dengan aksi kemanusiaan seperti ini...
Komen Blog rejekingalir.com
ruziana mengatakan…
luar biasa Rumah Zakat yang concern dengan berbagai kegiatan kemanusiaan apalagi untuk Palestina. semoga banyak yang tersentuh hatinya untuk membantu saudara saudara kita di sana. mari selalu selipkan doa untuk mereka
Komen Blog rejekingalir.com
lendyagasshi mengatakan…
MashaAllaa..
Sebelum diserang dan dihabisi seperti saat ini, Palestina adalah negara yang damai dan mendukung Indonesia dengan nyata di masanya.

Semoga Allaah segera mudahkan kemerdekaan bagi masyarakat Palestina.
Aamiin.
Komen Blog rejekingalir.com
Semoga mata dunia bisa semakin terbuka utk membela Palestina dan secara kemanusiaan dan isu sosial bisa mendapat keadilan. Aamiin YRA. Semoga aksi yg dilakukan Rumah Zakat berdampak untuk rakyat Palestina.

friends

Blogger Perempuan Network
Blogger Perempuan Network
KSB
KSB
BCC Squad
BCC Squad
KEB
KEB
Intellifluence
Intellifluence
Bplus
Bplus
Logo Komunitas BRT Network
Postingan Terpopuler