Blog rejekingalir.com
Blog rejekingalir.com mengulas tentang sastra, game, dan gaya hidup dengan sudut pandang yang lebih luas

Pengaruh Gaya Hidup: Pilih Aki Kering atau Aki Basah?

Bagaimana pengaruh gaya hidup seseorang dalam mempengaruhi pemilihan aki kering atau basah untuk kendaraan bermotor

Beda aki basah dan aki kering akan menjadi pilihan seseorang, dan siapa sangka bisa terkait dengan gaya hidup. Hal ini dikarenakan, kedua aki pada kendaraan bermotor tersebut, memiliki kelebihan maupun kekurangannya masing-masing, sehingga menjadi pilihan yang bisa disesuaikan dengan style si empunya kendaraan.

Apa saja perbedaan aki kering dan aki basah

Sebagaimana kita ketahui, aki pada kendaraan bermotor, adalah salah satu komponen yang krusial selain oli, besi, rem, dan ban. Kehadiran aki harus diperhatikan apakah ada tanda bocor atau kapan harus diganti. Oleh karena itu, pemilihan aki motor entah itu aki kering maupun aki basah, harus dipahami lebih dalam. 

Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah Secara Umum

Aki (accu) atau akumulator merupakan baterai yang dapat digunakan sebagai sistem cadangan daya pada kendaraan. Tipe aki terdiri dari aki kering dan aki basah, dengan perbedaannya secara umum adalah:

1. Aki Kering (Maintenance Free Battery)

Sealed atau disebut juga dengan aki kering (Maintenance Free Battery) adalah jenis aki/baterai segel dengan elektrolitnya dalam bentuk pasta/gel. Ciri khaa aki kering yang mudah untuk dikenali yaitu harga yang terbilang mahal dengan masa usia lebih mahal daripada aki basah. 

Ketahanan aki kering kuat terhadap korosi dan juga kebocoran. Dengan begitu, kendaraan bermotor yang menggunakan aki kering, tidak perlu disibukkan dengan perawatan aki secara berkala.

Pemasangan aki kering pada kendaraan bermotor, bisa diatur dalam posisi mana saja karena lebih fleksibel ketimbang aki basah. Selain itu, gas hidrogen yang dihasilkan dari aki kering ini tidak dalam jumlah besar ketika dilakukan pengisian ulang, sehingga aman untuk penggunanya. 

2. Aki Basah (Wet Cell Battery)

Flooded atau disebut juga dengan Aki Basah (Wet Cell Battery), merupakan jenis aki yang menggunakan larutan H2SO4 atau asam sulfat. Larutan ini mengalir secara bebas di bagian sel-sel aki. 

Karakteristik yang dapat dikenali dari aki basah ini adalah dari segi harga yang lebih murah dari aki kering. Dari segi masa pakai, aki basah ini tidak berusia panjang seperti halnya aki kering. Selain itu, perlunya untuk menyiapkan dana khusus untuk perawatan aki basah ini secara berkala, khususnya untuk pengisian ulang air zuur. 

Kewaspadaan diperlukan tatkala memilih aki basah untuk kendaraan bermotor, karena rentan akan korosi dan bocor. Tak sampai di situ, ketika pengisian ulang aki basah dilakukan produksi gas hidrogen terjadi, sehingga perlunya berhati-hati dari potensi ledakan. 


ilustrasi aki (sumber: freepik)

Pengaruh Gaya Hidup dengan Pemilihan Aki Kendaraan Bermotor

Setelah memahami beda aki basah dan aki kering di atas, kita dapat mengetahui akan kaitannya dengan gaya hidup seseorang. Hal ini didasarkan pada faktor:

1. Faktor Ekonomi

Pemilik kendaraan bermotor yang memiliki mobilitas tinggi dan pendapatan yang juga tinggi, dapat mempengaruhi keputusannya untuk memilih aki yang memiliki usia lebih panjang, ketahanan yang kuat, dan tidak ingin direpotkan dengan pemeliharaan secara berkala, walau harganya terbilang lebih mahal. 

2. Tidak Ada Potensi Berbahaya

Seseorang dengan gaya hidup berkelanjutan atau sadar dengan lingkungan, memungkinkan memilih aki yang tidak memicu kebocoran maupun ledakan. Pasalnya potensi ledakan bisa berdampak kepada lingkungan sekitar, yang tentunya akan membuat masalah baru. 

3. Kenyamanan 

Rasa nyaman dan fleksibilitas pengendara bermotor dapat mempengaruhi dirinya tatkala memilih aki motor, dengan kecenderungan pada keamanan dan usia panjang penggunaan aki. Lebih lama daya tahannya, maka lebih awet pula pemakaiannya. 


ilustrasi aki (sumber: planetban.com)

Penutup

Dari perbedaan aki kering dan basah yang cukup signifikan, dapat menjadi masukan ketika memilih aki yang dapat disesuaikan kebutuhan. Pengaruh gaya hidup seseorang, serta pertimbangkan juga akan perawatan dan performa kendaraan, karena saling berkaitan. Jadi mana yang akan menjadi pilihanmu, aki kering atau aki basah? 

28 komentar

Komen Blog rejekingalir.com
Bunda Saladin mengatakan…
Motor yg ada di sini kayaknya masih pake aki basah deh. Eh kalo diganti aki kering bisa gak sih? Soalnya lebih bagus ya. Walau harga lebih tinggi.
Komen Blog rejekingalir.com
Rosanna Simanjuntak mengatakan…
Setuju banget, bahwa masa pakai aki itu tergantung sama perawatan dan perlindungan oleh pengguna kendaraan, misalnya:

1. pengecekan rutin yang biasanya sudah disediakan produsen aki
2. perawatan terminal aki, seperti harus bebas dari kotoran dan karat

Sepertinya kendaraan roda 4 di rumah pakai aki kering, karena memang sudah bawaan pabrik
Komen Blog rejekingalir.com
Jalan-Jalan KeNai mengatakan…
Ternyata bisa berkaitan dengan gaya hidup, ya. Saya sih pengennya aki yang ramah lingkungan. Tapi, juga awet dipakainya.
Komen Blog rejekingalir.com
Emma Malika mengatakan…
Pemilihan aki yang tepat untuk motor bikin motor yang kita gunakan jadi awet dan lancar untuk dikendarai ya, biarlah agak mahal yang penting motor prima
Komen Blog rejekingalir.com
kataresi mengatakan…
Baru tahu detail perbedaannya. Yang pasti kalo aki habis itu mempersulit hidup kudu dorong motor 🤣🤣. Kudu dibudgetin n maintenance banget kak
Komen Blog rejekingalir.com
Mechta mengatakan…
Aku awam permesinan jadi ngerti deh sekarang ttg bedanya aki kering dan aki basah. Terima kasih sharing infonya ya...
Komen Blog rejekingalir.com
Ninin mengatakan…
Aku tuh nggak ngerti nih masalah aki-aki eh aki motor baru tahu ada aki basah dan aki kering. kirain sama semua hehehe....ternyata masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing2 ya...
Komen Blog rejekingalir.com
Andiyani Achmad mengatakan…
Aki kering ditandai dengan warna lebih pekat dan untuk aki tipe basah tampilannya lebih transparan. Khusus aki tipe basah, tampilannya lebih transparan berfungsi untuk bisa mengetahui takaran dari cairan aki tersebut.
Komen Blog rejekingalir.com
Bibi Titi Teliti mengatakan…
Ternyata ada perbedaan antara aki kering dan basah yah, selama ini gak pernah terlalu memperhatikan, main pake aja kendaraannya nih hehe. Lumayan dapet ilmu baru dari sini deh
Komen Blog rejekingalir.com
Bibi Titi Teliti mengatakan…
Ternyata ada perbedaan antara aki kering dan basah yah, selama ini gak pernah terlalu memperhatikan, main pake aja kendaraannya nih hehe. Lumayan dapet ilmu baru dari sini deh
Komen Blog rejekingalir.com
Nanik nara mengatakan…
wah, aku nggak terlalu memperhatikan kendaraan yang ada di rumah pakai aki kering atau basah. Hehehe... biasalah, tahunya bisa diajak jalan gitu aja
Komen Blog rejekingalir.com
Mporatne mengatakan…
Kalau mpo disuruh milih aki kering atau basah . Ya mpo akan ikuti sesuai petunjuk perusahan mobil/motor biar performa kendaraan makin mantap
Komen Blog rejekingalir.com
Aku tuh sampai gak tau loh aki mobilku kering atau basah, karena memang urusan beginian biasanya pak suami yang urus. Wah aku juga harus tau ya ini, agar gak cuma tau pakai mobilnya saja. Terima kasih mbak untuk infonya.
Komen Blog rejekingalir.com
Rach Alida Bahaweres mengatakan…
Aku pas servis motor juga ditanyai pakai aki apa. Apakah aki basah atau aki kering. Aku milih aki kering mba. Lebih pas penggunaannya bagiku. Makasih sudah detail menjelaskannya mba
Komen Blog rejekingalir.com
Witri mengatakan…
Bertahun-tahun bawa motor, tapi nggak pernah ngeh pakai aki kering atau aki basah, hehehe. Yang penting tiap bulan servis, jangan telat ganti oli, dan kalo servis selalu tanya ada yang diganti enggak, hehe
Komen Blog rejekingalir.com
Witri mengatakan…
Bertahun tahun bawa motor, tapi nggak ngeh pakai aki apa, duh. Dan baru paham bedanya aki kering sama aki basah.
Komen Blog rejekingalir.com
lendyagasshi mengatakan…
Aku baru tau kalau aki basah masih digunakan di kendaraan.
Karena aku pikir kendaraan keluaran 2020an ke atas uda pake aki kering semua. Secara skarang kendaraan manual uda kayak diskontinyu gituu..
Semua mua kendaraan uda matic. Rata-rata kendaraan matic akinya kering.
Komen Blog rejekingalir.com
Dee_Arif mengatakan…
Aki adalah salah satu komponen penting motor
Mau pilih aki kering atau aki basah, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing motor ya
Komen Blog rejekingalir.com
Nia K. Haryanto mengatakan…
Aku kudet banget deh sama urusan aki begini. Soalnya yang ngurus kendaraan di rumah ya suami. Kalo ada apa-apa dan harus ke bengkel, ya suami yang ngurusin. Baru tahu deh kalo aki itu ada yang basah dan ada yang kering.
Komen Blog rejekingalir.com
AlineaLala mengatakan…
Well noted banget nih kak. Aku selaku orang yang tidak begitu paham perbedaan aki basah dan aki kering, jadi sangat teredukasi. Sehingga saat mau memilih diantara keduanya, ada basic informasi yang menguatkan. Kenapa harus pilih yang ini atau itu.
Sehingga motor mendapatkan hak nya yang terbaik. Mantap banget sih ini infonya.
Komen Blog rejekingalir.com
Erin Herlina mengatakan…
Baru tahu soal aki kering dan basah. Aku taunya kendaraan itu, manual,matic, hybrid, listrik. Ternyata kita perlu tahu juga ya ini tentang aki kering dan aki basah.
Komen Blog rejekingalir.com
April Hamsa mengatakan…
Wah kalau baca ini jadi aki kering lebih awet yaa. Klaau aku gpo mahal di awal tapi yang oenting awet soalnya jatuhnya malah irit :D
Apalagi kalau mobilitasnya cukup tinggi dan waktunya cukup terbatas buat ke bengkel ngecekin aki, kyknya aki kering lbh ok.
Tapi kyknya banyak mobil skrng pakai aki kering bawaan pabriknya yaa? cmiiw
Komen Blog rejekingalir.com
lendyagasshi mengatakan…
Sepertinya kalau sudah bawaan pabriknya, kendaraan gak bisa diganti aki kering ke basah atau sebaliknya. Eh, ini analisis sotoyku siih.. hihihi, soalnya kendaraan yang sekarang buat isi air radiatornya aja ga boleh menggunakan air mineral biasa.
Komen Blog rejekingalir.com
Luluk Sobari mengatakan…
Wah ternyata gaya hidup seseorang ini bisa mempengaruhi lini kehidupan semua orang ya Mbak. Termasuk dalam soal memilih jenis aki. Untuk orang-orang yang mengutamakan kenyamanan dan keamanan, kayaknya akan lebih memilih aki kering.
Komen Blog rejekingalir.com
Nunung Yuni Anggraeni mengatakan…
Waaah aku baru tau beda aki kering dan aku basah. By the way kalau aki motor matic itu sepertinya aki kering ya mbak? Masalah aki ini memang harus kita perhatikan. Trlat ganti aki bikin motor atau mobil jadi mogok
Komen Blog rejekingalir.com
Archa Bella mengatakan…
Selama ini sih aku sll belinya yg aki kering.Lebih mahal gpp yg penting awet ,maklum males keluar2 uang mulu...belum lg kalo mau jalan mobil trouble. Jd mendingan yg lbh longlasting pemakaiannya aja sih.
Komen Blog rejekingalir.com
Yusriah Ismail mengatakan…
kayaknya aki kering lebih aman ya mba...dan gaya hidup seseorang ternyata berpengaruh banget sama pemilihan aki..terimakasih informasinya mbaa
Komen Blog rejekingalir.com
Enny Mamito mengatakan…
Wah makasih sudah share mba. Terus terang aja aku kurang paham soal aki. Baca ini jadi tau deh beda aki kering dan aku basah

friends

Blogger Perempuan Network
Blogger Perempuan Network
KSB
KSB
BCC Squad
BCC Squad
KEB
KEB
Intellifluence
Intellifluence
Bplus
Bplus
Logo Komunitas BRT Network
Postingan Terpopuler